5 Cara Mengendalikan Nafsu Makan

5 Cara Mengendalikan Nafsu Makan

5 Cara Mengendalikan Nafsu Makan

5 Cara Mengendalikan Nafsu Makan

Hal sulit yang biasanya dialami orang yang sedang menjalani program diet adalah mengendalikan nafsu makan. Ya, karena keterbatasan menu makan bisa jadi menyebabkan keinginan makan menjadi lebih besar. Dan bagi mereka yang hobi makan, terlalu banyak makan dan mengemil pun tidak baik. Ingat bahwa obesitas adalah sumber penyakit. Berikut cara mengendalikan nafsu makan yang bisa Anda ikuti.

1. Tidak Melewatkan Sarapan
Sarapan sangat penting, bahkan sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Makan makanan sarapan yang sehat dapat mengurangi kadar hormon lapar ghrelin. Dengan sarapan, Anda tidak perlu merasakan lapar di pagi hari sehingga kadar gula darah tetap terkontrol dan hormon seimbang. Jadi, sempatkanlah waktu untuk sarapan sebelum beraktivitas di pagi hari.

2. Banyak Minum Air Putih
Air sangat diperlukan tubuh untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Jika Anda merasa sedikit lapar, minumlah satu gelas besar air putih. Tapi jika air putih dirasa membosankan, Anda bisa mencari cara lain menikmati air putih, misalnya infused water, yaitu air putih dengan rasa buah-buahan seperti lemon atau mint.

3. Tidur yang Cukup
Tahukah Anda jika Anda kurang tidur bisa menyebabkan nafsu makan bertambah? Tidur mempengaruhi hormon leptin dan ghrelin yang mengatur nafsu makan. Kedua hormone ini bekerja dengan menyeimbangkan rasa lapar dan kenyang. Tidur cukup, yakni 8 jam tiap malam bisa membantu kedua hormon tersebut bekerja dengan baik sehingga nafsu makan pun bisa dikendalikan.

4. Berpikir Sebelum Ngemil
Alasan orang makan atau mengemil adalah tidak semata-mata karena lapar. Ada kalanya pemicu orang banyak makan adalah karena stres atau bosan. Ingatlah kapan terakhir kali makan. Jika kurang dari tiga jam, mungkin Anda hanya merasa tidak puas saja.

5. Kurangi Stres
Seperti yang sudah disebutkan, orang yang sedang stres atau bosan lebih cenderung banyak makan sebagai cara melepas stres. Jika Anda menyadari alasan Anda makan bukan karena lapar, temukanlah cara untuk mengalihkan pikiran Anda kepada makanan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres daripada banyak makan. Ubahlah pikiran Anda menjadi lebih positif sehingga Anda tidak perlu menjadi korban banyak makan.

Leave a Reply