5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal adalah organ sebesar kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk dan kedua sisi tulang belakang. Fungsi ginjal antara lain menyaring hasil buangan, kelebihan air, dan kotoran dalam darah. Hasil buangan ini disimpan di dalam kandung kemih yang kemudian dikeluarkan melalui urin.
Ginjal akan menurun kinerjanya pada saat usia seseorang menginjak 30-40 tahun. Setiap tahun setelah umur 30 tahun, fungsi ginjal menurun hingga 10%. Penyakit seperti diabetes dan hipertensi dapat menyebabkan penyakit ginjal. Bahkan penyakit ginjal bisa semakin parah bila terjadi gagal ginjal yang memerlukan adanya dialysis atau cuci darah untuk mengatasinya.
Kunci pencegahan atau penundaan penyakit ginjal parah adalah deteksi dini dimana masih ada waktu untuk memperlambat progres gagal ginjal. Karena ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh untuk menyaring kotoran dalam darah, maka sangat penting pula untuk menjaga ginjal tetap sehat. Hindari risiko penyakit ginjal dengan cara berikut ini.

1. Kontrol Diabetes, Hipertensi, dan Penyakit jantung
Pada kebanyakan kasus, penyakit ginjal disebabkan oleh penyakit yang bersumber dari diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Maka dari itu, mengatur kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah yang juga dibarengi dengan diet sehat, olahraga, dan perawatan medis sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya penyakit ginjal.

2. Kurangi Asupan Sodium
Banyak orang yang mengonsumsi lebih banyak sodium daripada yang diperlukan tubuh. Padahal, secara ideal, 1 sendok makan atau 2.300 miligram garam adalah jumlah yang dianjurkan. Kandungan sodium banyak sekali ditemukan pada junk food dan makanan olahan. Waspadalah pada asupan sodium Anda karena sodium meningkatkan tekanan darah dan memicu pembentukan batu ginjal.

3. Hindari Alkohol dan Rokok
Berlebihan dalam konsumsi alkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan kontrol hormon yang mempengaruhi fungsi ginjal. Sedangkan, meski merokok tidak secara lansung berhubungan dengan masalah ginjal, tapi rokok dapat mengurangi fungsi ginjal secara signifikan. Selain itu, efek negatifnya pada kesehatan jantung pun dapat memperburuk masalah ginjal.

4. Banyak Minum Air Putih
Dehidrasi bisa merusak ginjal, jadi pastikan tubuh tetap hidrasi. Dengan banyak minum air putih maka akan mendorong tubuh untuk buang air kecil dan membantu ginjal membuang seluruh racun di tubuh. Selain itu, air juga membantu tubuh menjaga volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengatur suhu tubuh. 8-10 gelas air putih per hari adalah wajib jika Anda ingin tetap sehat.

5. Hati-Hati Konsumsi Obat atau Suplemen
Jika Anda sering konsumsi obat, pastikan Anda mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan. Terlalu banyak konsumsi aspirin, acetaminophen, atau ibuprofen dapat merusak ginjal. Atau bila Anda senang mengonsumsi suplemen vitamin atau suplemen herbal, teliti pula pada dosis yang dianjurkan. Jumlah vitamin atau ekstrak tanaman tertentu secara berlebihan juga berakibat pada kerusakan ginjal. Maka, konsultasikan pada dokter mengenai risiko penyakit ginjal jika Anda ingin konsumsi obat atau suplemen tersebut.

Leave a Reply